Minggu, 25 September 2011

SEJARAH YAHOO

a. Sejarah Yahoo
Di tengah pesatnya perkembangan dunia maya saat ini, tidaklah lengkap rasanya jika kita tidak menyebut Yahoo. Yahoo telah menjadi salah satu lambang perkembangan peradaban Internet modern. Dimulai dari penyediaan berbagai bidang informasi secara online, Yahoo telah membuktikan eksistensinya selama kurang lebih tiga belas tahun usia kehidupannya di dunia maya.
Kini Yahoo telah berekspansi ke dalam berbagai bidang pengembangan layanan online, tidak hanya sebagai layanan penyedia dan pencari informasi saja, kini Yahoo telah menjamin penggunanya dengan berbagai macam fasilitas layanan, seperti account email, obrolan chatting (YM), e-cards, iklan, investasi, karir, ramalan cuaca, dan
masih banyak lagi. Namun sebenarnya bagaimana Yahoo dimulai dan dapat berkembang seperti sekarang ini? Dan inilah jawabannya.
Yahoo pertama kali didrikan secara tidak sengaja oleh dua orang mahasiswa Ph.D Teknik Elektro di Stanford University, bernama David Filo and Jerry Yang. Jerry Yang sendiri sebenarnya merupakan asli orang Thailand yang belajar menuntun ilmu di Amerika. Pertemuan keduanya pada Februari 1994 membuat mereka menyadari kesamaan minat mereka pada dunia Internet saat itu. Selama menempuh pendidikan di Stanford University ini mereka berdua banyak menjelajahi Internet untuk mengumpulkan bahan-bahan kuliah dan disertasi mereka.
Setelah sekian lama, mereka merasa bahwa data-data dan informasi  yang mereka kumpulkan sudah terlalu banyak dan luas. Saat itulah mereka mulai membagi-baginya dalam kategori-kategori. Dari semua kategori yang ada, mereka pecah lagi menjadi sub-sub kategori. Dan dari sinilah mereka mulai memikirkan sebuah konsep yang terlahir dari kebutuhan mereka untuk mengatasi semua masalah mereka selama ini, mulai dari pencarian data hingga pengorganisasian data-data tersebut. Konsep inilah yang nantinya akan menjelma menjadi Yahoo.
Namun saat pertama kali mereka membangun situs web, nama yang mereka pakai adalah ‘Jerry and David’s Guide to the World Wide Web’. Setelah itu baru mereka berganti nama menjadi Yahoo yang berasal dari sebuah akronim “Yet Another Hierarchical Officious Oracle“. Namun menurut mereka berdua, alas an utama memilih nama Yahoo adalah karena definisi umum dari Yahoo itu sendiri yang berarti ‘rude, unsophisticated, uncouth’.
Jerry dan David sendiri tidak memerlukan waktu yang lama untuk menemukan sebuah tempat yang tepat bagi website mereka. Segera sesuadah itu, ratusan orang mangakses web mereka dari Standford. Kabar ini cepat menyebar di antara para pelajar ke masyarakat umum, hingga tercipta komunitas Internet yang sangat loyal terhadap mereka. Yahoo merayakan perayaan ‘Hari Satu Juta Hits’-nya pada musim gugur 1994, dengan jumlah pengunjung unik (unique visitor) yang dimiliki hampir 100 ribu.
Saat mengetahui traffic dari web-nya yang terus meningkat dan besarnya antusiasme dari para pengguna, mereka segera menyadari adanya peluang bisnis yang terbuka lebar dalam genggaman tangan mereka. Pada bulan Maret 1995 mereka berhasil menggandeng beberapa penanam modal Silicon Valley. Pada April 1995 sebuah firma investasi di mana termasuk di dalamnya Apple Computer, Atari, Oracle, dan Cisco System setuju untuk mendanai Yahoo dengan nilai investasi sekitar $2 juta dollar Amerika.
Ketika perusahaan mereka terus berkembang, Jerry dan David mulai merekrut sebuah team manajemen untuk perusahaan mereka. Mereka memilih Tim Koogle, seorang pensiunan Motorola sekaligus juga alumnus Standford Engineering Department sebagai Executive Officer dan Jeffrey Mallett, pendiri dari Novell’s WordPerfect Consumer Division, sebagai Chief Operating Officer. Hari ini Yahoo telah berhasil menjadi salah satu perusahaan yang memimpin dalam industry.
Komunikasi global Internet, dengan jaringan kerja yang luas dan lebih dari 345 juta pemakai jasa layanan setiap bulannya. Sebagai situs online navigasi pertama di web, saat ini Yahoo merupakan salah satu pemimpin di Internet dalam traffic, iklan, jangkauan bisnis, dan lain sebagainya. Jaringan global Yahoo sendiri kini tersebar di sekitar 25 tempat di dunia, dengan berpusat di Sunnyvale, California. Kantor-kantor Yahoo sendiri tersebar di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Canada dan di Amerika Serikat sendiri.

b. Yahoo Saat Ini
Yahoo! Messenger dapat dikatakan sebagai messenger yang paling laku di antara berbagai messenger yang ada. Bagaimana tidak, lihat saja dari feature-feature yang disajikan olehnya. Mulai dari avatar yang dapat mengcustomise character dari ujung rambut-ujung kaki, emoticon/emotion icon yang sangat variatif, animasi dengan adanya suara, pengelompokkan berdasarkan status teman, fasilitas transfer file dengan briefcase 30MB. Bahkan pada versi terbaru ini terdapat fungsi VOIP yang dapat mendukung penggunaan webcam untuk panggilan video dan Yahoo 360 yang menghubungkan penggunanya ke site pencari teman seperti Friendster.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar